3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Menjinjing Notebook Keren ASUSPRO P2430U

Di era informasi seperti saat ini dimana mobilitas kian tinggi, kebutuhan agar tetap terhubung dan updated dengan gaya kekinian yang sophisticared semakin membuat kita semakin tak pernah bisa lepas dari gadget. Gadget seolah telah menjadi bagian dari tubuh kita atau soulmate yang tanpa dengannya hidup kita seperti ada yang hilang. Untuk sebagian kalangan, smartphone saja dapat dikatakan tak cukup akibat keterbatasan tools yang dapat menghasilkan presentasi yang komprehensif, misalnya. Pun demikian dengan tablet meski feature keyboard-nya dapat ditambah dengan kenyamanan eksternal keyboard masih tak seefektif komputer. Namun walaupun komputer desktop dapat mengakomodir itu semua, masih tetap tak bisa bergerak bebas mengikuti kemanapun kita melangkah.

“Kembali ke laptop!”, begitu kata Mas Tukul beberapa tahun silam. Mungkin sudah waktunya bagi saya, khususnya, untuk mempertimbangkan bersahabat kembali dengan laptop atau notebook seperti ketika berjuang kuliah dulu. Kemanapun saya bersepeda menyusuri fietspaden atau jalur-jalur sepeda menuju kampus, apartemen teman untuk mengerjakan proyek bersama, bekerja part-time, atau sekedar bersantai di rumput taman tepi kanal, notebook saya selalu menemani di dalam ransel yang kini sudah saya “wariskan” kepada adik saya. Nah, sebelum saya memilih dan memutuskan membeli notebook, berikut ini 3 hal yang akan saya pertimbangkan terlebih dahulu agar tidak menyesal kemudian yang mungkin dapat juga Anda terapkan:

Menetapkan Tujuan Membeli Notebook

Apa tujuan kita membeli notebook? Apakah untuk membuat laporan, presentasi, aplikasi android, blogging, modal bekerja freelance, membuka toko online, memantau kinerja saham, atau bermain game?

Jika Anda seorang profesional atau entrepreneur dengan mobilitas tinggi sehingga dalam kesehariannya memerlukan efisiensi energi dan kecepatan tinggi dalam meningkatkan produktivitas dari sebuah notebook, maka kini ASUSPRO P2430U hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-6 atau yang dikenal juga dengan Intel Skylake yang terdiri dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor.

Terima kasih kepada para arsitektur Intel yang telah menyempurnakan rancangannya, sehingga dimanapun Anda berada tak perlu lagi khawatir sering mengisi daya seperti sebelumnya. Prosesor ini lebih hemat energi karena 10-20% lebih baik dalam hal performa per-watt. Dengan teknologi Intel® Speed Shift produktivitas Anda pun dapat meningkat hingga 2,5x. Terlebih jika Anda adalah seorang programer, Intel Skylake mendukung fitur pemrograman grafis seperti Open Computing Language 2.0 (OpenCL 2.0).

Setelah seharian bekerja, Anda dapat melepas penat sejenak dengan menonton film atau bermain game dalam format 4K Ultra HD dan 3D dengan frame rate yang tinggi. Format 4K adalah format resolusi sebuah monitor yang terdiri dari 4000 pixels resolusi horizontal dan 2000 pixels resolusi vertikal (4000 x 2000 pixels). Semakin tinggi jumlah pixels dalam suatu monitor, maka semakin tajam gambar yang ditampilkan monitor tersebut. Dan dengan semakin tingginya frame rate dimana jumlah bingkai gambar (frame) yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak semakin cepat, maka gambar akan menjadi semakin hidup. Prosesor ini juga didukung oleh teknologi enhanced audio processor yang membuat kualitas suara menjadi lebih baik. Keesokan harinya, dengan semangat terbarukan Anda dapat menunjukkan kreasi video Anda ke seluler klien Anda secara mudah dan 17x lebih cepat.

Intel Skylake juga membuat Windows 10 menjadi lebih optimal dimana enkripsi ditingkatkan melalui teknologi BitLocker sehingga membantu pengelolaan keamanan dan menambah perlindungan data Anda.

Menyiapkan Alokasi Budget

Dana untuk membeli suatu barang, apalagi jika barang tersebut bukan barang kebutuhan primer sudah tentu perlu dipersiapkan dengan terencana. Apakah kita akan menyisihkan sebagian penghasilan kita, mengalokasikan bonus, menggunakan imbal balik investasi secara proporsional atau menabung uang saku sedikit demi sedikit? Dalam perencanaannya, akan lebih terarah jika kita juga membuat budget track map atau peta pencatatan alokasi dana sehingga kita dapat melihat bagaimana progres pengumpulan dana berjalan selama ini serta melihat dimana letak kesulitan yang menghambat progres tersebut.

Memilih Spesifikasi Notebook

Jujur, saya bukan tipe emak pemerhati spesifikasi suatu barang, boro-boro ingat pas ditanya orang lain. Namun saya beruntung memiliki suami yang perhatian terhadap detail suatu barang, apalagi jika terkait komputer yang menjadi kegemarannya. Menurut beliau, spesifikasi (specs) mendasar notebook yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebagai berikut:

mengenal_specs_notebook

Setelah kita mengetahui apa tujuan kita membeli notebook, menganggarkan dana lalu memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, maka tiba waktunya decision-making, memutuskan notebook mana yang paling pas dengan kita.

Misalnya nih, buat saya yang suka dengan hal-hal yang berbau kreatif namun tetap simpel, saya ingin bisa membaginya kepada orang lain – termasuk Anda – dengan notebook yang mendukung grafis seperti discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M yang dimiliki ASUSPRO Essential P2430U.

asuspro_p2430

Sebagai konsekuensi kesukaan saya bermain grafis, mungkin suatu saat jika diperlukan, saya akan menambah kapasitas memori dari memori utama ASUSPRO Essential P2430U, yaitu DDR4 yang berkapasitas 4GB hingga 16GB. Bonus dari leveling-up memory ini adalah produktivitas ikut terkerek naik, termasuk ketika bekerja secara multitasking. Multitasking with speed, I would say. Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor pada ASUSPRO Essential P2430U yang sudah built-in ini membuat produktivitas tak hanya meningkat namun juga dengan cepat tanpa banyak menguras daya. Waktunya hemat energi, Mak!

Kalau sudah ber-multitasking, bawaannya mata kita akan menjadi cepat lelah. Namun layar monitor ASUSPRO Essential P2430U telah dilengkapi dengan fitur anti glare dan tidak memantulkan bayangan sehingga nyaman dipandang mata.

Pas lagi asyik-asyiknya blogging dan membuat infografik, nah biasanya tiba-tiba muncul salah satu krucil yang duduk anteng di samping. Yang semula diam memperhatikan, beberapa detik kemudian biasanya saya sudah panic mode-on karena jari-jemari si krucil imut itu menari-nari dengan gemulai di layar monitor. Nah, untungnya ASUSPRO Essential P2430U sudah dilapisi lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya sehingga saya tak perlu khawatir lagi.

Yang bikin saya makin naksir adalah ASUSPRO P2430U didesain dengan simplicity: solid, profesional namun tetap elegan. Plus lagi, ibarat postur atlet yang tinggi dan ramping, yang satu ini tipis dengan balutan warna gelap dan desain casing-nya yang bertekstur brushed-hairline aluminum.

Meskipun tipis, ASUSPRO P2430U ini masih bisa memuat berbagai fasilitas input/output, yakni 4 port USB yang termasuk di atas rata-rata port notebook mainstream yang biasanya memiliki 3 atau terkadang hanya 2 ports. Ketiga ports tersebut berspesifikasi USB 3.0  yang dapat mentransfer data dengan kecepatan 10x lebih cepat dibanding USB 2.0. Dan salah satu diantara ports itu merupakan USB Charger+ yang memudahkan ngecharge gadget saya.

asuspro_p2430ua___notebook___asus_indonesia_%f0%9f%94%8a

Menjinjing notebook ASUSPRO P2430U dengan styleeffortless and ergonomicsHow cool is that? Berat ASUSPRO P2430U relatif ringan, cuma 1,95 kg (termasuk baterai 4-cell) dengan ketebalan yang hanya 2,3 – 2,6 cm serta one-piece Chiclet keyboard yang menempatkan tombol secara presisi dan travel distance sekitar 2,3 mm demi kenyamanan saat bekreasi ataupun bekerja.

asuspro_p2430u_from_above

Dan yang terpenting di luar hal-hal di atas adalah keamanan. Plagiaters tidak bisa mentransfer maupun mengambil data pribadi saya tanpa izin. Hardisk maupun USB ASUSPRO P2430U dapat dikunci menggunakan password dengan cara mengaktifkan fitur HDD user password protection. Sistem keamanan ini dapat pula diatur melalui aplikasi ASUS Business Manager via fitur Security.

Bagaimana dengan Anda?


Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

logo_asus_isoi_intel-300x99

Advertisements

8 thoughts on “3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Menjinjing Notebook Keren ASUSPRO P2430U

  1. Wah penjelasan ny rinci bngt… pas bngt buat istri saya nih… sbg seorng programer trkadang hrs mobile kmn2… dan sring juga kerja drmah yg notabene sklian jaga sekecil…notebook yg ok dan mmenuhi kriteria dlm satu tmpt agak jarang ada…apalg pixel yg ada juga…makasi ya (akhirny) jd nemu yg cucok buat istri yg sukak kerja Juga skaligus suka nonton, hehe…. siiip

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s