Ini Caranya Membeli Saham

Seperti asuransi, saham pun diperjualbelikan. Jika biasanya kita mengasuransikan jiwa dengan membelinya melalui produk unit-link yang ditawarkan bank atau asuransi kesehatan dari agen asuransi, berbeda dengan saham. Bursa Efek Indonesia (BEI) memang merupakan tempat bertransaksi saham, namun kita tidak dapat membeli saham secara langsung dari BEI. Beda dari kalau kita mau beli terong di Pasar Minggu, bisa langsung dibeli di salah satu lapaknya. Jadi, gimana dong cara beli saham?

Tenang Mak. Sama.., saya dulu juga nggak tahu gimana supaya saya bisa ikut memiliki salah satu perusahaan BUMN di Indonesia (beli saham BBRI atau saham PT Bank BRI itu, misalnya). Sampai pada akhirnya saya tahu dari mantan bos saya yang dengan baik hati menunjukkan jalan untuk bertransaksi saham secara online dari fasilitas yang disediakan perusahaan sekuritas maupun dari teman suami yang sudah sekian lama memiliki portfolio saham yang besar.

Saham dapat dibeli dengan cara sebagai berikut:

Infografik_Cara Beli Saham

Eniwei, baru-baru ini BRI bagi-bagi dividen tunai (bagi hasil keuntungan) sebesar 40% dari laba yang diperolehnya selama tahun 2016, yaitu Rp 10,47 triliun ke para pemegang sahamnya atau Rp 424,84 per lembar saham. Dengan begitu, kalau Emak sudah membeli saham BBRI 2 hari sebelum atau pada saat cum date* misalnya saja 5 lot (5 x 100 lembar saham) maka Emak akan mendapatkan 500 x Rp 424,84, yaitu Rp 212.420,-. Itu baru dalam 2 hari lho Mak! Belum termasuk kalau Emak memperoleh capital gain atau selisih yang timbul ketika Emak menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada waktu Emak membelinya. (Baca: Berkenalan dengan Saham Yuks!)

Dividen BBRI 2013-16

Contoh di atas bisa dijadikan salah satu tips sebelum membeli saham berikutnya Mak. Membeli saham yangmana emiten (perusahaan penerbit saham) dalam waktu dekat ini akan membagi saham. Lumayan kan Mak bisa dapat profit nggak pakai lama. Hehehe…


Cum date: Tanggal terakhir perdagangan saham dimana pembeli saham memperoleh hak atas dividen yang akan dibagikan perusahaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s